Monday, August 29, 2016

Efek Samping Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Tak sedikit dari sebagian orang yang menyepelekan waktu tidur dan istirahat. Bahkan, tidur larut malam seakan-akan jadi kebiasaan dan rutinitas sehari-hari bagi sebagian orang. Tidur sendiri merupakan salah satu aktifitas yang sangat penting untuk kesehatan. Apabila anda kurang tidur tentu hal ini dapat menyebabkan efek samping yang sangat berbahaya. Jika anda terlalu sering melewatkan waktu tidur bakal berdampak negatif bagi kesehatan bahkan bisa mengabiatkan penyakit serius.

Tak berbada jauh dengan nafas dan makan, tubuh manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa diharus memiliki waktu tidur 7 -9 jam pada setiap malam. Walaupun demikian, tak sedikit orang yang lebih mengorbankan waktu tidur untuk melanjutkan pekerjaan sehingga waktu tidur terbilang sangat pendek. Dan dibawah ini bakal kami sampaikan informasi seputar efek samping kurang tidur bagi kesehatan.

1. Penyakit Jantung
Jika anda suka begadang sehingga waktu tidur kurang terbilang kurang, maka anda harus segera mengubah kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya kurang tidur disebut-sebut bisa membahayakan bagi kesehatan jantung serta bisa menyebabkan penyakit pada sistem peredaran darah. Ketika anda tidur, maka jantung bakal berdetak lebih lambat, tetapi jika kurang tidur bakal dapat memicu jantung untuk terus bekerja. Tidur tentu sangat penting bagi kesehatan organ sirkulasi.

2. Sistem Kekebalan Tubuh
Efek samping selanjutnya jika kurang tidur adalah dapat berakibat buruk bagi sistem kekebalan tubuh. Ketika anda tidur, tubuh bakal melepaskan suatu hormon yang dikenal dengan sitokin dan zat antibodi yang memiliki peran penting untuk menangkal infeksi virus dan bakteri pada tubuh. Kurang tidur tentu dapat menyebabkan penurunan produksi sitokin dan antibodi yang mengabitkan seseorang akan lebih mudah terserang beberapa penyakit seperti flu, demam dan lainnya.

3. Menurunkan Daya Ingat
Kurangnya tidur yang cukup terjata juga dapat menyebabkan efek negatif bagi daya ingat. Anda tidak akan bisa berkonsentrasi dan melakukan serangkaian aktivitas lain dengan baik pada keesokan harinya. Kurang tidur juga dapat membuat seseorang bakal lambat dalam merespon dan tidak memiliki semangat tinggi. Oleh karena itu, tidurlah lebih awal dan jangan terlalu sering begadang jika anda ingin daya ingat dapat berfungsi dengan baik.

4. Depresi
Efek samping kurang tidur bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat menyebabkan depresi. Pasalnya, jika anda sering begada maka bisa mempengaruhi fungsi neurotransmitter, yang mana ini adalah senyawa kimia penghantar rangsang pada otak yang menjadikan seseorang bakal lebih mudah terserang penyakit depresi. Begitu pula jika seseorang terserang depresi atau stress berat maka bisa menyebabkan orang tersebut kesulitan dalam menjaga waktu tidur yang cukup.

No comments:

Post a Comment